Sekilas Kabupaten Tasikmalaya
Diposting tanggal: 02 November 2012

Kabupaten Tasikmalaya merupakan suatu daerah yang agraris dengan kehidupan masyarakat yang religius, berada di wilayah Timur Propinsi Jawa Barat, wilayah Kabupaten Tasikmalaya di sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Garut, sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Ciamis, sebelah Utara berbatasan dengan Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis serta wilayah sebelah Selatan adalah Samudera Indonesia.

Kabupaten Tasikmalaya mempunyai luas wilayah sebesar 2.708,81 km2 atau 270.881 ha dan secara administratif terdiri dari 39 Kecamatan, berada di dataran rendah dengan iklim pegunungan dan curah hujan rata-rata 2000-3000 mm per tahun.

Kabupaten Tasikmalaya yang sudah berusia hampir 899 tahun mengalami babak baru dalam perjalanan sejarahnya, yaitu dengan adanya perpindahan Pusat Pemerintahan ke Singaparna.

Perpindahan ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 2004 Tentang Pemindahan Ibukota Kabupaten Tasikmalaya Dari Wilayah Kota Tasikmalaya Ke Singaparna yang berada di Wilayah Kabupaten Tasikmalaya dan telah dilaksanakan peresmiannya pada bulan Agustus tahun 2010.

Dengan adanya pemindahan ibukota Kabupaten Tasikmalaya tersebut tentunya berdampak positif dan terbuka peluang investasi yang cukup luas terutama di sektor agribisnis, industri, pertambangan dan kepariwisataan termasuk didalamnya pembangunan infrastruktur guna menunjang laju pertumbuhan ekonomi pemerintahan seperti pembangunan pusat perdagangan, perekonomian serta sarana prasarana dan jasa penunjang lainnya.

Guna menunjang peluang investasi tersebut khususnya didalam birokrasi perizinan yang lebih professional, responsive dan inovatif telah dibentuk Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten tasikmalaya yang secara kelembagaan dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah kabupaten Tasikmalaya nomor 16 tahun 2008 tentang Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Tasikmalaya dan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Tasikmalaya.